Selasa, 24 November 2009

Pak Mbanyol


Pak Mbanyol…….begitu kerap teman-temanku memanggilnya. Tapi itulah salah satu kelebihannya, meskipun dipanggil dengan sebutan seperti itu beliau tidak marah. Cara mengajarnya yang lucu dan santai membuat teman-temanku menyukainya dan sampai mempunyai sebutan seperti itu untuknya.

Ahmad Sugito, itulah nama aslinya…Dia adalah guru Matematikaku sewaktu aku duduk dikelas dua SMP. Dia merupakan sosok guru yang istimewa dimata kami. Jujur aku sangat salut dengan kecerdasannya,terutama dibidang matematika. Perhatuannya terhadap murid-murid memberi tempt tersendiri dihati kami untuknya. Aku sungguh menyesal atas perbuatanku dulu terhadap beliau sewaktu beliau mengajarku. Dan aku sungguh menyesal lagi karena aku tidak bisa megungkapkan penyesalan itu kepadanya. Sungguh, aku ingin menangis dan mencium tangannya sebagai simbol penyesalan dan rasa hormatku kepadanya. Tapi aku tahu, itu belumlahlah cukup untuk menebus atas semua yang pernah beliau berikan kepadaku. Mungkin hanya beberapa bait puisi sederhana ini yang dapat aku suguhkan untuk menghormatimu guru…..

Kapur putih mesti berhamburan dimukamu
Mengatakan ini sarapan untukmu guru
Suaramu parau bagai membelah langit biru
Tetapi wajah sayup tetap terpencar
Walau petang telah menghadang.

Terik siang bersama keringat
Seperti teman sehari.
Hujan deras mesti di belah
Memperjuangkan anak didikmu

Engkau bekerja tanpa upah
Engkau berjalan didepan jurang
Membukakan jalan dirumput belantara
Menyebarkan ilmu kepada kaum awam.

Kadang matahari tertawa ria,
Untuk apa kau berletih tuan?
Korupsi kian berjalan… berjalan dan berjalan
Tanpa terhenti!

Guruku jangan engkau menjawab
Negeriku engkau ubahkan
Hingga hayatmu selamany

Perjuangan-Mu kukenang sebagai: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Guru merupakan pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Kata itu sangat bermakna dan begitu luas artinya bagi kita. Seseorang tidak akan mendapat kedudukan yang lebih tinggi tanpa memperoleh penbgetahuan dari sang GURU. Semoga guru dimasa yang akan datang bisa lebih sejahtera lagi.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes